Senin, 16 Januari 2017

proposal usaha



PROPOSAL

MEMBUKA USAHA
“ KRIPIK IKAN KUTUK ”

Di ajukan Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Bahasa Indonesia



Di SusunOleh :
SitiKhoirotunNisa’


PROGAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM AL-AZHAR
MENGANTI-GRESIK
2016

HALAMAN MOTTO

Ø  Hal-hal sulit mendatangkan pengalaman, dan pengalaman mendatangkan kebijaksanaan.
Ø  Usaha yang baik akan menghasilkan kebaikan pula.
Ø  Sukses bermula dari pikiran kita.
Ø  Mimpikan yang kamu mau dan kejarlah mimpi itu.
Ø  Kegagalan adalah awal dari kesuksesan























KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga peuji dapat menyelesaikan proposal usaha yang berjudul “ Membuka Usaha KRIPIK  IKAN KUTUK
Dengan selesainya penulisan proposal usaha, saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak dosen dan ibu dosen serta pihak-pihak yang telah membantu saya dalam menyelesaikan proposal ini.
Saya menyadari bahwa dalam menyelesaikan proposal ini masih banyak kekurangan dan belum sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak akan diterima oleh saya dengan senang hati, demi kesempurnaan usaha berikutnya. Semoga proposal ini bermanfaat bagi kita semua.

                                                                                   




Penulis











DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL i
HALAMAN MOTTO ii
KATA PENGANTAR iii
DAFTAR ISI iv
BAB I PENDAHULUAN
A.    LatarBelakang 1
B.     Tujuan 1
C.     Visi Usaha 1
D.    Misi Usaha 2
BAB II PEMBAHASAN
A.    AnalisaPeluang Usaha 3
B.     Marketing Mix 4
C.     Perhitungan Modal dan Harga Jual 5
D.    PerhitunganLabaRugi 6
E.     Analisa Keuntungan 7
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan 8
B.     Saran 8
LAMPIRAN

BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang

Membuka usaha memang menjadi impian banyak orang, sebab banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan dari usaha tersebut. Selain itu kita juga mendapatkan pengalaman dalam berwirausaha.
Adapun bidang usaha yang saya minati adalah membuka usaha “KERIPIK IKAN KUTUK” dengan alasan semakin banyaknya ragam jajanan yang datang dari luar daerah bahkan dari luar negara. Selain banyaknya penggemar kripik mulai dari kalangan masyarakat menengah bawah sampai atas. Saya ingin memberikan cita rasa yang berbeda pada kripik dengan memberikan sedikit campuran ikan kutuk agar dapat menghasilkan suatu kuliner yang menarik minat konsumen terutama bagi konsumen yang menyukai ikan kutuk.
Dengan demikian harapan saya dalam membuka usaha “KRIPIK IKAN KUTUK” yang dapat menjadikan inspirasi bagi para konsumen penggemar kripik dan ikan kutuk.
B.     Tujuan
Proposal ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia sebagai penilaian atas pemahaman praktek dari mata kuliah Bahasa Indonesia.
C.    VISI USAHA
             Visi dari usaha KRIPIK IKAN KUTUK adalah:
1.      Dapat menjadi pemimpin pasar jajanan.
2.      Dapat memiliki banyak cabang yang tersebar diseluruh wilayah.
3.      Dapat dikenal diseluruh pangsa pasar bahkan menembus luar kota.
D.    MISI USAHA
            Misi dari usaha KRIPIK IKAN KUTUK adalah :
1.      Selalu menyajikan kualitas yang unggul dan berkreasi sekreatif mungkin.
2.      Semakin memperluas penyebaran produk beberapa wilayah.
3.      Melakukan promosi lewat brosur hingga sampai menjangkau luar kota.























BAB II
PEMBAHASAN

A.    AnalisaPeluang Usaha         
Dalamduniausahasuatupeluangmerupakansuatuhal yang sangatmenguntungkan, untukitusayaharusbisamengetahuipeluang yang tepat agar usaha yang dijalankannyadapattumbuhdanberkembang. Olehkarenaitusaya menggunakananalisis SWOT yang diharapkanakanmenjadijalan yang rasional, tegas, danlugasdalammenghadapikendala-kendala yang bisamenghalangusaha.
            Analisis SWOT tersebutadalah:
1.      STRENGTH berarti KEKUATAN:
Kekuatanharusdimilikiperusahaanuntukkelangsunganusaha, kekuatan yangsayamiliki yaitu:
a.       Adanyadukungandari orang tuadankeluarga.
b.        Adanya modal yang cukup.
c.         Belumadanyapesaing yang menggunakanbahanbaku yang sama.

2.      WEAKNESS berarti KELEMAHAN:
Kelemahan yang berartisemuausahaharusberhati-hatibilaterdapatkelemahansuatuusaha, kelemahan yangsaya milikiterletakpada:
a.       Kurangnyapengalamandalammenjalankansuatuusaha.
b.      Hargaikankutuk yang relative sedikitmahal.
c.       Sulitnya bahan baku pada saat tidak musim.

3.         OPPORTUNITY berarti PELUANG:
Peluang yang ditujukanpadasuatuusaha agar dapatmembukausaha, peluang yang sayamilikiterletakpada:
a.       Didaerahsekitarbelumada yang menjualnya, sedangkanwargasekitarsangatmenyukainya.
b.      Mengelolahproduklokalmenjadiprodukdimasa yang akandatang.   
4.         THEART berarti ANCAMAN:
Dalam menjalankan suatu usaha pasti ada ancaman dalam usaha tersebut. Diantara ancamannya yaitu:
a.       Ancamanpesaingdisekelilinglokasi.
b.      Ancamansesamaprodusen yang membuatproduk yang sama.
c.       Adanyaperubahanseleradaripelanggan.
d.      Harga produk selain kripik ikan kutuk yang harganya lebih murah.

B.     Marketing Mix
Maketing mix adalahsuatustrategi marketing yang menekanbagaimanacaramenjualprodukseefektifmungkindanmerupakangabungandariempat variable ataukegiatan inti dari system pemasaranyakni Product, Price, Place, Promotion.
1.      Product
Produk yang sayapilihadalahproduk yang berbahandasarikankutuk yang akandiolahmenjadikeripik. Proses pembuatannyasangatmudahyaitu:
a.       Cuciikankutukhinggabersih.
b.      Pisahkandagingikankutukdaridurinya.
c.       Iris tipis ikankutukdenganpanjangdanlebarsesuaiselera.
d.      Jemurikankutukhinggabenar-benarkering.
e.       Gorengikankutukhinggakekuningan.
f.       Tiriskankemudiancampurdenganbumbu.
Setelahikankutukmatangmakaakandikemassedemikianrupasehinggamenjadisuatujenismakanan yang menarikminatkonsumen.


2.      Price
Dalammenetapkanhargajualsuatuproduksayamenggunakanfaktoryaitusebagaiberikut:
a.       Faktorbiayaproduksi
Yaitubiaya yang mencakupsemuadarikegiatanproduksimulaidariperincianbahan-bahansampaidarikegiatanproduksi.
b.      Faktorbiayapromosi
Yaitubiaya yang mencakupsemuadarikegiatanpromosimulaidaripembuatanselebaranbilamenggunakan media brosursampaidenganongkospenyebaran. Namunjikamenggunakan media online makaongkospengirimanjugadihitung.
3.      Place
Dalammemilihlokasiusahaharusmenentukanlokasi yang strategis. Banyakdilalui para konsumendanmemungkinkanterdapatbanyak target pembeli, namunsaatinimasihdalam area sekelilingsekolah, namununtukmelaluiusahasaya outlet yang menetaptetapisayamenerimapesanan.
4.      Promotion
Promosiadalahkegiatanmemperkenalkansuatuprodukdalamrangkamenarikminatkonsumen agar maumencobadanmembeli. Dalamusahainisayamempromosikanproduksayamelalui media cetaksepertibrosur yang akandisebarkankepadakonsumensasaran.

C.    Perhitungan Modal Dan HargaJual
Permodalanmerupakansumberpendanaan yang diperlukansuatuusahauntukmembiayaisemuakegiatanusaha yang dijilankan. Modal jugamerupakanunsurutamadalammengelolahusahatanpaadanya modal tidakakanbisamembukadanmenjalankanusaha.



Penelitian modal yang sayalakukan:
Bahan-bahan                                               
ü  IkanKutuk 1 kg           : Rp.    25.000,-
ü  Minyakgoreng ½ kg    : Rp.      5.000,-
ü  Bumbu                         : Rp.      2.000,-
                                                                                                Rp.      32.000,-
Perlengkapan:
ü  Plastik                          : Rp.      5.000,-
Rp.      37.000,-
            Biaya lain-lain:
ü  Promosi                       : Rp.      3.000,-
Rp.      40.000,-
           
Laba 20% X 42.000              = Rp.       8.000,-
           
Hargajual                                             = Rp. 48.000,- = 6.857 >< 7.000
                                                                                                7


D.    PerhitunganLabaRugi
            Pendapatan                                                                 Rp. 48.000,-
            Biaya-biaya:
            BiayaBahan Baku                   Rp. 32.000,-
            BiayaPerlengkapan                 Rp.   5.000,-
            BiayaPromosi                          Rp.   3.000,- +
            JumlahBiaya                                                                Rp. 40.000,- +
                                    LabaBersih                                          Rp.   8.000,-



Apabiladalamsatuharisayadapatmenjualsebanyak 5 resepmakakeuntungan yang didapatkan   =      5 x Rp       8.000   = Rp    40.000,-
Selamasatuhariminggukeuntungan yang didapatkan   =  7 x Rp        40.000 = Rp    280.000,-
Jadidalamsatubulansayamendapatkankeuntungansebesar
= 30 x Rp 40.000  =Rp  1.200.000,-



E.     AnalisisKeuntungan
                                    Setelahmenyusunlaporankeuanganusahalangkahselanjutnyaadalahmenganalisiskeuntunganusaha.
                                    Retur On Investement( ROI ) adalahbesar / tingkatpengambilan total usaha yang digunakanuntukmenghasilkanlaba. Semakintinggi ROI makakondisiusahaakancenderungmeningkat.
                                                        
            Rumus ROI     = Laba Usaha x 100%
                       
                                    ROI     = 8.000 x 100%  = 20%
                                                        40.000

                                    Berarti total harga yang diinvestasikanuntukusahaselamaseharimenghasilkan 20% darinilai total hartanya.







BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Dari uraianhasil proposal mengenai    Membuka Usaha “KRIPIK IKAN KUTUK” sayadapatmenyimpulkanbahwa:
1.         Tempat yang strategissangatmempengaruhitingkatpemasaransuatuproduk.
2.         Harga yang ditetapkanharussesuaidengankemampuankonsumen.
3.         Modal merupakanaset yang sangatpentingdalammenjalankansuatuusaha.
4.         Dalammenganalisispeluangusahasayamenggunakananalisis SWOT.
5.         Strategiyang saya gunakandalampemasaranprodukadalah Marketing Mix.

B.     Saran
                        Berdasarkankesimpulandiatasmakasayadapatmemberikan saran sebagaiberikut:
1.         Harusselalumenjagamutudankualitasbarang.
2.         Mengibaratkanpembelisebagaiseorang raja.
3.         Memberikanpelayanansebaikmungkin.
4.         Seorangwirausahaharusmemilikisikappantangmenyerah, bekerjakeras, kreatif, dll.
5.         Memperhatikankepuasandankenyamanankonsumen.



 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar